Selasa, 29 Januari 2008

tiga

Judul : Bahasa Jurnalistik
Penulis : Drs. AS Haris Sumadiria M.Si.
Penerbit : Simbiosa Rekatama Media
Editor : Rema Karyanti S.
Cetakan pertama : Mei 2006
Tebal : xvi + 267 hlm
Harga : Rp 32.000


Buku Bahasa Jurnalistik ini merupakan buku panduan yang praktis, untuk seorang penulis dan jurnalis. Buku ini mengupas tuntas berbagai hal yang berkaitan dengan bahasa jurnalistik, seperti: fungsi utama bahasa jurnalistik, karakteristik bahasa jurnalistik, kata dan diksi jurnalistik, kaidah diksi jurnalistik, karakteristik kalimat jurnalistik, paragraf jurnalistik, paragraf jurnalistik, ejaan dalam bahasa jurnalistik.

Selain itu, buku ini juga berisikan tentang kiat dan asas penulisan berita radio, kiat dan asas penulisan naskah televisi, gaya bahasa jurnalistik, serta etika dan pedoman bahasa jurnalistik.

Buku bahasa jurnalistik ini diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa jurnalistik, kehumasan (public relations), ilmu komunikasi, dakwah, praktisi media massa, praktisi humas, peneliti intelektual, cendekiawan, ilmuwan, dosen, politisi, aktivis, guru, serta siapa saja yang memiliki hasrat untuk menjadi seorang penulis dan jurnalis.

Buku ini dapat dijadikan pegangan wajib bagi setiap orang yang berkecimpung di dunia jurnalis, karene buku ini membahas tentang semua yang berhubugan dengan bahasa yag digunakan dalam jurnalistik, atau yang biasa disebut dengan bahasa jurnalistik. Buku ini sangat menarik, karena ditulis sesuai dengan karakter bahasa jurnalistik, yaitu ringkas, segar, dan memikat.

Selain itu, buku bahasa jurnalistik ini juga mudah untuk dipahami. Karena di setiap bagian-bagiannya disertai dengan contoh. Hanya saja, buku ini masih memiliki beberapa kekurangan, yaitu seperti masih adanya kesalahan dalam penulisan.

Tidak ada komentar: